Cara Mudah Menginstall Paket .deb Beserta Dependensinya


Jika anda menggunakan distribusi GNU/Linux Debian dan turunannya, misalnya Ubuntu, Linux Mint, Knoppix dan lain-lain, pasti anda akan berinteraksi dengan tipe berkas ini. .deb (baca:dot deb) adalah format file paket program yang digunakan oleh distribusi Debian dan varian turunannya. Untuk menginstall paket ini biasanya digunakan tool dpkg dengan parameter -i. dpkg -i namapaket.deb

jika paket yang akan anda install memiliki dependensi, maka anda juga harus menginstall paket-paket lainnya yang dibutuhkan, misalnya dpkg -i paket1.deb paket2.deb libpaket1.deb libpaket2.deb

Menginstall paket dengan cara ini biasanya dilakukan bagi paket-paket yang tidak tersedia di server repository. Cara ini sepertinya agak merepotkan karena anda harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhan pustaka sebuah paket program dan mengunduh seluruh kebutuhan pustaka dan paket lainnya, padahal umumnya pustaka-pustaka tersebut sudah tersedia di server repository, sehingga dapat dengan mudah diinstall menggunakan tool apt-get.

Untuk lebih mempermudah pekerjaan ini, kita dapat memanfaatkan tool gdebi dan gdebi-core. Untuk menginstall paket dan seluruh dependensinya menggunakan gdebi, silahkan ketik perintah ini pada console:
gdebi-core namapaket.deb

Maka seluruh kebutuhan paket tersebut akan didownload oleh gdebi dari server repository, mudah bukan? Paket gdebi dan gdebi-core sendiri sudah tersedia di server repository ubuntu dan debian sehingga dapat diinstall dengan perintah apt-get install gdebi-core gdebi. O ya, gdebi-core adalah program berbasis text sementara gdebi berbasis GUI, silahkan anda install sesuai dengan kebutuhan anda. Selamat mencoba!

3 thoughts on “Cara Mudah Menginstall Paket .deb Beserta Dependensinya

    • iya joy, biasanya emang gitu. tapi kadang ada paket yang ga ada di repo, harus install manual, misalnya xmind atau webmin. jadi installnya harus didonlod dan install secara manual.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s