Kumpulkanlah Sampah Pada Tempatnya


Suatu ketika (kalau tidak salah sekitar tahun 1999) saya dan beberapa rekan beserta dosen duduk-duduk di plaza jurusan Biologi IPB. Tidak ada yang istimewa yang terjadi saat itu. Namun hingga saat ini saya masih ingat topik pembicaraan kami.

Menurut salah satu dosen (kalau saya tidak salah ingat, bapak Bambang Suryobroto), ketika beliau menempuh pendidikan di Jepang, salah satu profesornya pernah berkata “Bagi saya sampah bukan untuk dibuang, tapi dikumpulkan”. Memang sampah bukan untuk dibuang. Saya selalu mengumpulkan sampah. Kalau saya makan permen atau roti, (kalo ga ada tempat sampah -pen) bungkusnya saya kantongin (dulu -pen), kemudian saya buang ke tempat sampah. Begitu kata beliau. Saya selalu ingat dengan konsep yang beliau utarakan ini.

Di lain kesempatan, beberapa mahasiswa Biologi IPB angkatan 1992-1998 bergabung membentuk kelompok cinta alam bernama OWA (apa masih ada sampai sekarang?). Saat itu beberapa dari mereka berusaha untuk tidak menggunakan plastik dalam kehidupan mereka dan lebih memilih untuk membawa kantong sendiri ketika berbelanja ke toko atau pasar. Efeknya tentu saja jumlah sampah yang mereka hasilkan lebih sedikit dari teman-teman lainnya. Mereka juga berusaha mengumpulkan kertas bekas dan membuat sendiri kertas daur ulang. Mereka juga berusaha untuk tidak membuang sampah sembarangan. Sesuai dengan konsep yang ditawarkan oleh dosen kami itu.

Saya pikir seharusnya beginilah kita menganggap sampah. Bahwa sampah harus dikumpulkan, bukan dibuang. Sehingga slogan buanglah sampah pada tempatnya harus diubah menjadi kumpulkanlah sampah pada tempatnya. Setuju ?

Tinggalkan Balasan

