Perangkat Lunak Pemantau Trafik di GNU/Linux


Kebetulan karena ada permintaan, maka saya akan tulis sedikit tentang perangkat lunak traffic monitoring di GNU/Linux. Karena keterbatasan waktu dan ilmu, saya hanya akan bahas nload dan iftop. Kedua tool tersebut merupakan tool berbasis console (CLI atau text based) yang masing-masing memiliki fitur-fitur yang sering digunakan untuk mengetahui kondisi jaringan berupa network load (beban jaringan), connection status (status koneksi) dan sebagainya.

Nload

Nload digunakan untuk mengetahui trafik di salah satu antarmuka jaringan. Nload menggambarkan trafik jaringan secara realtime dengan beberapa informasi tambahan seperti trafik maksimum, minimum dan rata-rata. Parameter nload yang umum digunakan antara lain -i dan -o. Jadi jika anda menggunakan TelkomSpeedy untuk koneksi internet anda maka anda bisa menjalankan nload dengan syntax

nload -i 1024 -o 512 eth0

Penjelasan: parameter -o dan -i adalah pengaturan skala grafik untuk trafik incoming (-i) dan outgoing (-o). Jadi sintaks di atas berarti menjalan nload dengan setting skala grafik incoming sebesar 1024kbps, outgoing sebesar 512kbps dan antarmuka yang dibaca adalah eth0. Jika anda menggunakan antarmuka lain sebagai koneksi internet, maka sesuaikan dengan konfigurasi anda. Misalnya

nload -i 400 -o 100 eth1

nload -i 400 -o 100 ppp0

Iftop

Iftop digunakan untuk mengetahui status koneksi yang terjadi dari mesin PC router anda ke internet. Iftop juga memberikan informasi berapa besarnya beban bandwidth yang diberikan ke jaringan anda. Parameter iftop yang sering digunakan adalah -i yang digunakan untuk memilih interface yang akan dibaca oleh iftop. Selain itu parameter -F juga sering digunakan untuk membaca koneksi yang terjadi dari network tertentu.

iftop -i eth1

iftop -i eth1 -F 192.168.0.15/32

Perhatikan format penulisan ip address dengan parameter -F. 192.168.0.15/32 berarti network dengan alamat ip 192.168.0.15 yang menggunakan netmask 32 (255.255.255.255) yaitu hanya terdiri dari satu komputer saja yaitu 192.168.0.15. Artinya, iftop hanya digunakan untuk melihat koneksi dari satu komputer saja. Jika anda akan melakukan scan terhadap lebih dari satu komputer, maka gunakan netmask yang sesuai. Silahkan lihat http://support.imagestream.com/Netmask.html untuk konversi netmask ke bentuk dua digit. Demikian untuk sementara, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s