Software Mind Mapping Favorit Saya


Saya telah mengenal mind map sejak kuliah dulu di Padang. Sejak saat itu saya sedikit-demi sedikit belajar memahami dan mencoba membuat peta pikiran tersebut. Namun baru ketika saya melanjutkan pendidikan di Surabaya saya tahu bahwa Mind Map adalah sebuah teknik mencatat ide yang dikembangkan oleh Tony Buzan. Mungkin hal ini ada pengaruhnya juga dengan intensitas saya mengakses internet yang tergolong besar ketika saya di Surabaya.

Beberapa tahun lalu, ketika itu saya terlibat kegiatan survey untuk persiapan migrasi di PT Semen Padang. Migrasinya sendiri tidak jadi dilakukan. Namun saya mendapat banyak pelajaran berharga. Ternyata dalam kegiatan brainstorming dan rapat-rapat, para pejabat di manajemen PT Semen Padang sering menggunakan software mind map yaitu Mindjet Mind Manager. Karena akan dilakukan migrasi, saya wajib tahu program apa saja yang dapat menggantikan fungsi program ini. Akhirnya saya melakukan pencarian untuk program-program alternatif dan saya mendapatkan banyak pilihan untuk program mind map yang berjalan di GNU/Linux, bahkan hampir semuanya berlisensi Open Source.
Dari seluruh software-software itu saya akhirnya memilih beberapa pilihan terbaik. Setelah mulai sering menggunakan mind map untuk mengajar di Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, saya mulai merevisi daftar ini sesuai dengan perkembangan terbaru dan akhirnya inilah pilihan terbaik saya.

  1. XMind. XMind saya pilih karena interfacenya yang bersih. XMind dikembangkan dari Eclipse yang memang sejak lama merupakan software IDE (Integrated Development Environment) yang banyak digunakan. Selain itu, hasil gambar XMind juga bagus. XMind dapat di download di http://www.xmind.net
  2. FreeMind. Saya suka dengan Freemind karena kesederhanaannya. Dengan kemampuan yang menyamai software mind mapping komersil seperti Mind Manager. Freemind memiliki interface yang sederhana dan gambar mind mapping yang dihasilkan juga bagus. Sayangnya program ini masih belum se”cantik” XMind. Silahkan download Freemind di http://freemind.sourceforge.org
  3. Vym (View your mind). Saya juga menyukai Vym karena hasil mind mappingnya juga bagus. Tapi bekerja dengan Vym jadi kalah mengasyikkan karena terlanjur mencoba Freemind dan XMind. Vym dapat didownload dari http://sourceforge.net/projects/vym/
  4. VUE. Sudah lama ingin mencoba VUE, tapi baru kesampaian. VUE sedikit berbeda dari program lain. VUE membuat diagram yang lebih fleksibel, dan interfacenya juga bagus. Silahkan download VUE di https://vue.tufts.edu/download
  5. IHMC CMapTools. CMapTools juga memiliki interface yang bagus dan fleksibel dan hasil peta konsepnya juga bagus. Download CMapTools di http://cmap.ihmc.us/download/

6 thoughts on “Software Mind Mapping Favorit Saya

Tinggalkan Balasan

