Tablet PC dan Aplikasi Penting


Akhir-akhir ini intensitas saya berhadapan dengan komputer sangat tinggi. Terutama ketika masih sibuk dengan tugas-tugas kuliah dan penelitian di lab SIMS (Sistem Informations and Management Science). Namun tidak semua aktifitas berkomputer itu memerlukan computing power yang tinggi, memori besar, grafis yang bagus dan dan layar lebar atau media penyimpanan besar. Kadangkala saya hanya membaca media berita online, media sosial, atau bermain game ringan. Untuk hal yang agak serius sayapun hanya menulis catatan-catatan dan menulis program dengan teks editor saja. Kadangkala saya juga memonitor kondisi server dan database. Untuk semua pekerjaan-pekerjaan itu, komputer saya di lab amatlah sangat terlalu perkasa.

Saya memiliki sebuah komputer jinjing yang juga masih terlalu perkasa untuk keperluan seperti diatas. Lagipula, kedua perangkat ini masih kurang mobile, karena kadangkala saya ingin melakukannya sambil istirahat siang, sambil nongkrong di taman atau bahkan di tempat tidur sebelum istirahat malam. Oleh karena itu akhirnya saya membeli sebuah tablet PC Android. Ada banyak keuntungan menggunakan tablet PC, selain ukurannya yang ringkas, ringan dan mudah dibawa-bawa, tablet PC juga memiliki daya tahan baterai yang lebih baik dibanding laptop atau netbook. Di sisi kemampuan, tablet PC saat ini tidak kalah dengan netbook, telah memiliki CPU dengan clock diatas 1.7GHz serta pengolah grafis multicore.
Selain untuk hiburan, akses internet dan games, tablet dapat digunakan untuk mendukung produktifitas, sehingga pekerjaan-pekerjaan menulis draft, monitoring server, database dan lainnya dapat dialihkan ke tablet PC ketika dalam kondisi mobile dengan memasang aplikasi-aplikasi yang mendukung. Berikut aplikasi produktifitas favorit saya yang saya gunakan di tablet PC:

  1. Kingsoft Office. Aplikasi office sangat penting, seringkali pada saat mobile kita harus melakukan presentasi atau menyunting laporan. Aplikasi WPS Office adalah aplikasi yang bagus dan dapat diandalkan karena memiliki kompatibilitas yang baik dengan format ODF dan Microsoft Office.
  2. Aldiko. Aplikasi ini adalah ebook manager yang dapat digunakan untuk memanajemen dan membaca buku digital yang saya miliki.
  3. Kindle. Selain berfungsi sebagai ebook reader, juga terhubung ke toko buku Amazon, sehingga dapat digunakan untuk membeli ebook.
  4. Adobe Reader. Sangat berguna ketika ingin membaca berkas berformat PDF. Selain Adobe Reader, WPS Office juga bisa digunakan untuk keperluan ini.
  5. Evernote. Evernote adalah aplikasi pencatat yang bagus dan dapat diandalkan, saya menggunakannya untuk menyimpan catatan dan dapat disingkronisasi dengan aplikasi desktop yang terinstall di komputer atau  laptop.
  6. Google Keep. Walaupun masih tergolong baru, Google Keep memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan Evernote. Google Keep lebih ringan dan dapat juga digunakan untuk membuat catatan dengan pengingat.
  7. ES File Manager. Aplikasi file manager yang bagus dan nyaman digunakan. Aplikasi ini juga dapat mengakses cloud storage dan penyimpanan jaringan seperti FTP dan SCP.
  8. Google Drive. Platform penyimpanan berbasis teknologi cloud dari Google. Google Drive menyimpan berkas berformat Google Office dan berkas lainnya.
  9. Dropbox. Platform cloud storage penting yang saya gunakan untuk menyimpan salinan dari pekerjaan penting saya. Aplikasi Dropbox di Android sayangnya tidak otomatis melakukan singkronisasi.
  10. Dropsync. Aplikasi ini menjadi penting karena dapat melakukan singkronisasi ke penyimpanan Dropbox. Versi gratisnya hanya memonitor satu folder saja
  11. Meraki WiFi Stumbler. Aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan survey jaringan WiFi.
  12. VX Connectbot. Aplikasi ini digunakan untuk terhubung ke server melalui protokol SSH. Aplikasi ini merupakan fork dari Connectbot dengan tambahan fitur-fitur penting yang tidak dimiliki oleh Connectbot.
  13. Connect2SQL Database Client. Digunakan untuk mengakses database MySQL.
  14. DroidEdit. Merupakan editor yang digunakan untuk menulis progam. Aplikasi ini mirip dengan Notepad++.
  15. Hacker’s Keyboard. Ketika tidak menggunakan keyboard fisik, Hacker’s Keyboard sangat handal, terutama jika digunakan dengan VX Connectbot.
  16. WordPress. Aplikasi untuk mengelola blog WordPress.
  17. Tumblr Aplikasi untuk mengelola blog Tumblr.com.
  18. Wikipedia. Aplikasi untuk mengakses artikel Wikipedia.
  19. Flipboard. Aplikasi untuk mengakses feed dari media online.
  20. Feedly. sama seperti Flipboard, aplikasi ini juga digunakan untuk mengakses feed dari media online.
  21. Pocket. Aplikasi bookmark sekaligus menyimpan artikel untuk dibaca belakangan.

Catatan: Jika anda menemukan aplikasi lain yang lebih baik, silahkan beritahu saya melalui komentar.

One thought on “Tablet PC dan Aplikasi Penting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s