Fedbang! Remix


Di kantor saya menggunakan sebuah komputer yang cukup “tua” untuk software terkini. Dengan prosesor Core2 Duo, memory 2GB dan hard drive yang agak lambat semua pekerjaan masih bisa dituntaskannya. Saya mendapatkan komputer ini dengan kondisi cukup baik dengan sistem operasi Microsoft Windows 7 bajakan dan berbagai macam perangkat lunak dan tak lupa pula beberapa peramban internet lengkap dengan toolbar dan browser hijacker di dalamnya. Saya tak puas, segera saya unduh berkas ISO ElementaryOS terbaru dan langsung menjalankan instalasi menggunakan drive USB. Setelah instalasi selesai, saya lakukan instalasi beberapa paket dan pengaturan yang terkait dengan pekerjaan yang akan saya lakukan (salah satunya berkaitan dengan Dell iDRAC, mungkin akan dibahas di tulisan terpisah).
Awalnya kinerja komputer cukup memuaskan, jauh lebih baik daripada menggunakannya dengan kondisi sebelumnya yang berisi virus, spyware, browser hijacker dan sampah lainnya. Namun belakangan dengan berbagai tambahan dan kostumasi ringan yang terapkan, komputer ini mulai berulah. Seringkali ketika melakukan aktifitas tertentu, operasinya membeku (freeze) untuk beberapa saat, dugaan saya karena adanya proses baca-tulis ke partisi swap, karena keterbatasan ruang di memory. Awalnya saya berusaha memaklumi, namun akhirnya tidak tahan.
Beralih ke Fedora. Akhirnya saya putuskan mengganti distribusi GNU/Linux yang digunakan ke Fedora 20. Ternyata keputusan saya salah. ElementaryOS yang menggunakan desktop yang lebih ringan saja kejadiannya seperti itu, apalagi menggunakan Gnome Shell di Fedora. Tak lama sayapun kembali melakukan install ulang menggunakan Crunchbang!. Dulu saya pernah menggunakan distribusi ini di netbook yang lama dan kinerja komputer menjadi sangat memuaskan karena penggunaan Window Manager yang ringan dan tanpa Desktop Environment yang memberatkan sumber daya komputer. Namun ini juga tak bertahan lama, karena saya yang tidak sabar, instalasi dan konfigurasi iced-tea kurang sempurna menyulitkan saya untuk bekerja menggunakan Dell iDRAC. Sebelum saya menyadari kesalahan saya, saya putuskan kembali ke Fedora, namun kali ini saya akan melakukan kostumasi sendiri dengan meniru kepada konsep Crunchbang!.
Berikut sebagian aplikasi dan kostumasi yang saya terapkan:

  • menginstalasi Fedora 20 dengan modus minimal desktop
  • Membuang semua window manager dan desktop environment yang telah terinstall dan menyisakan openbox
  • Memasang tint2, dan beberapa aplikasi bantuan seperti obconf, obmenu, tintwizard, nitrogen dan lxappearance
  • Memasang Terminator dan Guake
  • Memasang network-manager-applet, volumeicon, PulseAudio Volume Control dan parcellite
  • Memasang xscreensaver, xfce4-notifyd, xfce4-screenshooter, plank
  • Memasang Geany dan Zim
  • Memasang Libreoffice dan Kingsoft Office
  • Memasang Firefox, Geary, Filezilla, dan Liferea
  • Memasang beberapa perangkat system config seperti system-config-users. system-config-date, system-config-repo
  • Memasang beesu (karena di fedora tidak ada gksu/gksudo)
  • Mengkostumasi tampilan tint2, mengunduh beberapa gambar untuk latar belakang, memasang beberapa tema gtk2 dan gtk3, memasang beberapa tema openbox (saat ini saya menggunakan tema elementary untuk gtk dan egtk untuk openbox
  • Dan memasang aplikasi lain seperti file-roller, Thunar, XMind, font-manager, dan lain-lain

Untuk sementara, saya cukup puas. Saya bahkan berencana untuk melanjutkan pekerjaan ini, mudah-mudahan bisa menghasilkan semacam distribusi remix atau remaster, atau minimal menghasilkan skrip unattended-setup. Jika ada saran, kritik atau jika rekan-rekan ingin membantu dalam pekerjaan menyenangkan ini, mohon beritahu saya. Tangkapan layar terkini dapat rekan-rekan lihat di bawah.

NB: Tadinya mau dikasih nama Fedorabang!, tapi dengan berbagai pertimbangan akhirnya saya lebih memilih Fedbang! Remix

NB Lagi: Wallpaper diunduh dari wallpaperswide

Percobaan notifikasi

Percobaan notifikasi

Aplikasi Qt

Aplikasi Qt

Tampilan per tanggal 24 Juli 2014 dengan tema elementary

Tampilan per tanggal 24 Juli 2014 dengan tema elementary

Tampilan per tanggal 26 Juli 2014 dengan tema Zukitwo

Tampilan per tanggal 26 Juli 2014 dengan tema Zukitwo

2 thoughts on “Fedbang! Remix

    • Waalaikumsalam. untuk saat ini masih ada masalah, terutama di otentikasi superuser untuk aplikasi GUI. beberapa aplikasi menggunakan gnome-setting sementara ada juga yang make polkit, kadang masih bertabrakan

Tinggalkan Balasan

